FAQ

Frequently Asked Question:

Q: Apakah pelatihan ini dapat memberikan hasil yang permanen?
A:  Berdasarkan pengalaman selama 20 tahun terakhir penggunaan penggunaan Play Attention, menunjukkan bahwa rata – rata 40 jam secara teratur penggunaan membantu untuk memastikan perubahan yang permanen.

Q: Apakah pelatihan ini aman dan adakah unsur hipnotis atau magis?
A: Pelatihan yang diberikan oleh Focus-Brain Training semuanya berdasarkan penelitian ilmiah. Tidak ada unsur hipnotis dan magis. Pelatihan ini dibuat dan diawasi oleh tenaga professional baik di bidang psikologis, pendidikan dan dokter dari berbagai negara yang sudah lebih dulu maju dalam penanganan anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.

Q: Apakah bisa untuk melatih konsentrasi anak berkebutuhan khusus seperti ADHD, atau autis?
A: Selain dapat memaksimalkan kemampuan konsentrasi anak-anak sampai dewasa pada umumnya, berdasarkan hasil pelatihan di Amerika dan negara-negara lain yang telah lebih dahulu mempraktekkan pelatihan ini, memang terbukti sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi anak berkebutuhan khusus ADHD dan ADD, namun untuk autisme hanya dapat membantu anak dengan mild-autism.

Q: Apakah ada efek samping? Bagaimana bisa tahu tidak ada efek samping?
A: Tidak ada efek samping. Alat ini telah dipakai kurang lebih 20 tahun di USA dan telah melewati uji emisi.

Q: Perlu waktu berapa lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal?
A: Lama Pelatihan/Pertemuan: 1 jam
Periode Pelatihan: 100 jam pertemuan, kira-kira selesai dalam 1 tahun (2x/ minggu) atau 2 tahun (1x/minggu)

Q: Apakah anak tidak akan merusak mata dengan banyak melihat monitor secara terus menerus?
A: Selama masa pelatihan 1 jam, biasanya di bagi 20 menit pertama dengan Play Attention (melihat monitor), dan 15 menit berikut Brain Gym (olah raga sederhana yang melatih keseimbangan otak kanan dan kiri), dan setelah istirahat 5 menit, akan dilanjutkan dengan 20 menit terakhir dengan Play Attention atau bisa divariasikan dengan mengerjakan soal-soal pelatihan tes IQ untuk meningkatkan IQ (khusus anak-anak yang lebih besar).

Q: Apa teori neuroplastisitas itu?
A : Neuroplastisitas mengacu kepada kemampuan sepanjang hidup dari otak yang selalu dapat berubah dan membentuk koneksi baru serta menghasilkan sel-sel otak baru jika diberikan rangsangan atau stimulasi berupa pengalaman yang bersifat edukasi (edufeedback). Jenis edufeedback yang diberikan harus bersifat memberi tantangan, memiliki daya tarik yang kuat dan mempunyai efek yang dapat merangsang dan pembentukan neuron yang baru.

Q: Bagaimana sensor dari Play Attention itu bisa nyambung ke otak?
A: Arm Band adalah alat yang sensitif, alat ini mengirimkan sinyal-sinyal dari otak yang ditransfer melalui kulit ke alat arm band, dan melalui Bluetooth ke komputer. Dulu alat yang dipakai berbentuk helm. Tapi karena banyak orang tua yang merasa cemas (walaupun sebenarnya sangat aman), maka dikembangkan alat baru yaitu ARM BAND. Alat ini sangat sensitif dan dapat membaca sinyal-sinyal dari otak dan mengirimkannya ke komputer.

Q: Teori Neuroplastisitas apa bisa dibuktikan dengan MRI?
A: Tidak. Hanya bisa dibuktikan dengan BRAIN SCAN

Q: Bagaimana dengan melihat obyek terus menerus bisa melatih fokus?
A: Dengan dibiasakan, misalnya anak disuruh melihat pensil yang dipegang, selama beberapa menit terus-terusan dibiasakan seperti itu lama-kelamaan kalau dia melihat pensil itu otomatis dia akan memusatkan perhatian pada pensil tersebut. Demikian juga dengan dilatih fokus saat main game khusus yang digerakkan oleh kemauan otaknya sendiri, bisa melatih fokus di sekolah.

Q: Apa anak tidak bosan disuruh main sampai selesai game tersebut?
A: Ada Coach yang sabar melatih dan ada sistem reward juga yang dapat memotivasi anak untuk bertekun.

Q:  Apa anak mau duduk terus mendengarkan musik (brain booster)?
A: Disini sambil mendengarkan musik, anak akan melakukan aktivitas pembelajaran, seperti melakukan gerakan-gerakan brain gym, atau memainkan game-game khusus yang dirancang untuk merangsang sel-sel otak.

Q: Kenapa di Play Attention untuk perilaku dan hubungan sosial bisa lebih baik? Apa hubungannya dengan game-gamenya itu?
A: Melalui game play attention ini, guru-guru pembimbing akan mengajarkan perilaku yang benar untuk berkonsentrasi. Misalnya: ada anak yang suka memilin-milin rambut. Saat memainkan program Play Attention ini, akan terlihat bahwa jika dia memilin rambut, maka konsentrasi akan turun. Dari situ Guru pembimbing akan mengarahkan anak untuk berhenti memilin-milin rambutnya. Selain itu Education Consultant kami selalu siap untuk menangani dan memotivasi anak didik yang memerlukannya.

Q: Apakah ada radiasi dari bluetooth di tangan?
A: Tidak ada

Q: Kenapa bisa menggaransi 98,4% berhasil? Apa kalau tidak berhasil uang akan kembali? Patokannya dari apa?
A: Sebetulnya ini bukan garansi, tapi study yang dilakukan oleh lembaga di USA mengenai keberhasilan kelompok orang yang menggunakan Play Attention. Testimony dapat dibaca di website play attention.

Q: Selama 1 jam pelatihan isinya apa saja? Terus kok tidak diajarin pelajaran juga?
A : Disini kita mempelajari cara untuk belajar (how-to-learn, not what-to-learn), jadi justru dasarnya (basic skill) yang akan dipakai seumur hidup oleh anak.

Q: Apakah selama mengikuti program pelatihan konsentrasi di Focus-Brain Training, anak saya tidak perlu les pelajaran lain lagi?
A : Ya dan tidak. Apabila kondisi akademik anak pada saat awal mengikuti pelatihan konsentrasi tertinggal jauh dari target kelas seharusnya, maka disarankan untuk tetap mengimbangi dengan les pelajaran sehingga memantapkan dasar-dasar akademiknya yang ketinggalan (supaya dia bisa catch up). Apabila kondisi akademik tidak terlalu menguatirkan hanya terasa belum maksimal, maka kemungkinan besar dengan pelatihan Focus-Brain Training saja secara konsisten, akan membuat perbedaan besar.

Q: Musik yang diisi gelombang frekuensi seperti ini apa tidak berbahaya? Efek samping dalam jangka panjang?
A: Tidak. Brain booster ini sangat aman. Kadang kala ada efek samping ringan seperti mengantuk, haus atau pusing. Efek yang terjadi menandakan gelombang sedang bekerja. Setelah 4 atau 5 sesi, efek-efek samping tadi akan menghilang dengan sendirinya.

Q: Setelah selesai pelatihan dengan Play Attention, dalam beberapa bulan/ tahun apa fokus akan menurun lagi?
A: Cenderung stabil tapi semua itu perlu proses tidak bisa instan.

Q:  Apa ada pelaporan hasil perkembangan anak? Tiap berapa bulan?
A: Ya, setiap kali pelatihan guru pendamping akan menuliskan catatan mengenai hasil pelatihan di buku laporan siswa dan ada laporan yang akan disampaikan saat tengah program dan di akhir program.

Q: Gelombang musik -> disusun oleh siapa? Lisensi dari mana? Siapa yang menjamin validitasnya?
A: Dari MIT di USA (salah satu universitas yang sangat terkenal di USA).